MASIH DALAM TAHAP RENOVASI / UNDER CONTRUCTION

Senin, 29 November 2010

Tips merawat batre laptop

Aku kemaren kaget, kenapa batteryku tiba2 habis? apa drop ya? setelah mengadakan penelitian, ternyata batteryku udah agak drop, akhirnya setelah cari artikel disana sini, akhirnya aku menyadari kalau cara aku ngerawat battery salah, jadi aku nggak pengen hal ini terulang pada kamu.

Berapa Lama Baterai akan bertahan?

Mukin kamu tidak menyadari bahwa jam battery kamu sudah mulai bergerak pada saat dirakit. Elemen didalam battery akan bereaksi dan lambat laun battery akan menurun suplai listriknya. Battery dirancang untuk bertahan antara 300-800 kali siklus charge/recharge.BTP-AOJ1_1

Umumnya battery notebook akan bertahan antara satu hingga tiga tahun. Anda mungkin bisa memperlambat penurunan kemampuannya dengan cara berikut.

1. Perhatikan Suhu
Suhu rendah akan memperlambat penuaan dari elemen didalam baterai. Sebaliknya, suhu tinggi akan memperpendek usia baterai. Membiarkan baterai Anda terpasang ketika terhubung dengan power listrik akan menyebabkan suhu didalam baterai meningkat. Melepas dan menyimpan baterai pada suhu dingin akan memperlambat proses penuaan. Membiarkan notebook pada lingkungan yang panas juga tidak baik untuk baterai.
2. Cara Pemakaian
Baterai Lithium-Ion yang digunakan didalam notebook dirancang untuk dapat digunakan sekitar 300-800 kali siklus charge/discharge. Beberapa siklus ini sudah digunakan ketika Anda membiarkan baterai terpasang ketika notebook menggunakan daya power listrik. Melepaskan battery dan menyimpannya dalam tempat yang kering dan dingin akan melindungi beberapa siklus.

Kelebihan dan Kekurangan Bila anda Melepas Battery saat Notebook terhubung arus listrik.

Kelebihan:

* Melindungi siklus isi ulang
* Membiarkan baterai pada suhu rendah, sehingga memperlambat proses penuaan

Kekurangan:

* Kehilangan fungsi backup dari baterai ketika listrik mati
* Data bisa hilang atau bahkan rusak jika listrik mati

Kelebihan dan Kekurangan Bila anda Memakai Battery saat Notebook terhubung arus listrik.

Kelebihan :

* Baterai berfungsi sebagai cadangan jika listrik tiba-tiba mati.
* Lebih mudah dan efisien untuk dibawa
* Baterai tidak perlu waktu penghangatan (seperti jika disimpan dilemari es)

Kekurangan :

* Kehilangan sebagian siklus isi ulang
* Suhu baterai meningkat dan mengakibatkan lebih cepat menurun kemampuannya


Memperpanjang Usia Baterai Kamu…

* Lepas battery dan simpan di tempat yang dingin dan kering. Level pengisian optimum adalah 40% untuk penyimpanan yang panjang. Menyimpan baterai dengan daya yang rendah akan menimbulkan kerusakan secara permanen. Karena itu, biasanya ketika Anda membeli notebook baru, baterainya sudah terisi sekitar seperempat hingga setengah.
* Jika Anda menyimpan baterai di lemari es, gunakan kantong plastik yang tertutup rapat untuk menghindari kelembaban. Biarkan baterai menghangat pada suhu ruangan sebelum dipakai atau menge-charge-nya.

Semoga Bisa Membantu.

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentarmu Sobat, tapi jangan Kasar dan Menyinggung, Tidak Suka dengan Post dan Blog ini, Mohon Maafkan Sobat, Jangan di Caci-Maki yahh. Makasih,,,

Peringantan :
Website putramadura.com sangat tidak Menerima Komentar SPAM, SARA, PORNO

*Salam Blogging sobat* SALAM SETTONG DEREH. MADHURE ONGGU